Departemen Fakultas kedokteran UI

fakultas kedokteran Universitas Indonesia

Fakultas kedokteran Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas yang berada di Universitas Indonesia dengan rumpun Ilmu kesehatan.  Fakultas kedokteran Indonesia merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia. Pada awal berdirinya pada tahun 1849 fakultas kedokteran Universitas indonesia bernama Bernama Dokter-Djawa School yang di didrikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Dokter-Djawa School ini bertujuan mencetak dokter muda di Indonesisa, namun pada pelaksanaannya lulusan Dokter-Djawa School ini hanya diberi kesempatanmenjadi matri cacar pada saat itu. Seiring dengan bergulisrnya waktu Dokter-Djawa School berubah nama menjaadi STOVIA dan pada akhirnya menjadi fakultas kedokteran Universitas Indonesia yang biasa disebut FK UI.

Fakultas kedokteran Universitas Indonesia yang pada awalnya melakukan kegiatan perkuliahan di kampus Universitas Indonesia salemba, sejak tahun 2013 telah berpindah ke kampus Universitas Indonesia Depok. Fakultas yang memiliki moto “Pendidikan Kedokteran Unggulan Berbasis Penelitian untuk Kemanusiaan” ini saat ini dipimpin oleh Dr. dr. Ratna Sitompul, Sp.M(K) sebagi dekan FK UI. Fakultas kedokteran Universitas Indonesia memiliki 33 departemen yang terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok Pre-Klinik dengan jumlah departemen sebanyak 15 Departemen, dan kelompok Klinik dengan jumlah departemen sebanyak 18 Departemen. Departemen pre-klinik adalah departemen yang mempunyai spesifikasi dasar – dasar ilmu kedokteran, yang memberikan landasan keilmuan mengenai ilmu kedokteran kepada mahasiswa FK UI. Berikut adalah depertemen yang terdapat pada departemen pre-klinik:

Berikut merupakan departemen – departemen yang tergabung dalam departemen pre-klinik.

Setiap departemen yang ada di fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki staf pengajar dan guru besar yang ahli di bidang keilmuannya masing – masing. Selain dari itu setiap departeman juga mengelola program pendidikan spesialisasi keilmuan tertentu di bidang kedokteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *