Lambang Universitas Indonesia Salemba

Lambang Universitas Indonesia Salemba

Universitas Indonesia adalah salah satu universitas besar yang ada di Indonesia. Universitas yang memiliki dua kampus ini yaitu Universitas Indonesia salemba dan depok selalu diminati para siswa  SMA yang hendak melanjutkan jenjang studi di perguruan tinggi. Universitas Indonesia memiliki tiga belas fakultas dan lebih dari dua ratus program studi yang dapat dipilih, dari tiga rumpun ilmu, yaitu rumpun ilmu kesehatan, rumpun ilmu sains dan teknologi serta rumpun ilmu sosial dan humainora. Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas ter tua di Indonesia dan merupakan cikal bakal universitas – universitas besar lainnya yang ada di seluruh Indonesia,

Universitas indonesia memiliki lambang yang cukup unik berbentik seperti pohon dan berwarna kuning. Lambang ini dibuat pada tahun 1952 oleh Sumartono (menggunakan nama alias Sumaxtono), yang merupakan mahasiswa jurusan Seni Rupa di Fakulteit Teknik, Universitas Indonesia yang saat itu berkedudukan di Bandung. Desain lambang Univerasitas yang saat ini memiliki dua kampus ini yaitu Universitas Indonesia salemba dan depok ini terinspirasi dari tokoh mitologi hindu yaitu kala-makara dan biasanya terdapat pada hiasan di candi hindu. Kala berada di atas dan melambangkan kekuatan matahari sedangkan Makara berada di bawah dan melambangkan kekuatan bumi. Kedua kekuatan ini berpadu sehingga menghasilkan ilmu yang tersebar kesegala penjuru, sehingga di harapkan Universitas Indonesia dapat menyebarkan ilmu kesegala penjuru Indonesia.

Secara keseluruhan lambang universitas yang memiliki dua kampus ini yaitu Universitas Indonesia salemba dan depok ini menggambarkan lambang ponon ilmu pengetahuan, diharapkan para lulusannya menjadi manusia  yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka. Selai dari itu sarjana – sarjana lulusan Universitas Indonesia diharapkan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat, serta mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, di mana pun mereka berada. Tidak ada literatur jelas yang menerangkan kapan dan siapa yang mengesahkan lambang Universitas Indonesia ini, namun buku yang pertama kali bercover lambang ini adalah bukuUniversiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *