Mengenal Fakultas dan Jurusan UI

Universitas Indonesia jurusan

Bingung menentukan jurusan untuk perkuliahan anda? Hal itu biasa terjadi pada anak SMA yang sekarang tengah duduk di bangku kelas XII. Bagamana tidak, setelah lulus dari jenjang SMA mereka harus menentukan pilihan kemana hendak melangkah. Pilihan tersebut terasa sulit jika kita tidak mengetahui informasi yang jelas mengenai hal tersebut. Universitas Indonesia merupakan salah satu unuversitas terkemuka di Indonesa memiliki banyak jurusan yang dapat dipilih, misal  Universitas Indonesia jurusan sains (kelompok ilmu sains) memiliki banyak pilihan yaitu fisika, kimia, biologi, matematika dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai Universitas Indonesia jurusan dan fakultas yang tersedia di dalamnya berdasarkan beberapa rumpun ilmu.

  1. Rumpun Ilmu kesehatan
  • Fakultas kedokteran dengan satu progran studi yaitu kedokteran
  • Fakultas kedokteran gigi dengan satu program studi yaitu kedokteran gigi
  • Kesehatan Masyarakat dengan program studi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, studi gizi dan keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan dengan satu program studi yaitu ilmu keperawatan
  • Fakultas farmasi dengan satu program studi yaitu farmasi
  1. Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dengan program studi matematika, fisika, biologi, kimia dan geografi
  • Fakultas teknik denga program studi tenik sispil, teknik mesin, teknik elektro, teknik metalurgi dan material, arsitektur, arsitektur interior, teknik kimia, teknik industri, teknik perkapalan, teknik lingkungan, teknik komputer, dan teknologi bioproses.
  • Fakultas Ilmu Komputer dengan program studi ilmu komputer dan sistem informasi.

Jika Anda memilih Universitas Indonesia jurusan dan fakultas seperti yang tertera di atas, maka pastikan anda memasuki jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ketika masih berada pada jenjang SMA. Karena kedua rumpun ilmu tersebut menghendaki materi IPA sebagai dasar ilmu pengetahuannya. Selain  itu, kenali potensi diri sendiri jangan memaksakan memilih jurusan tertentu jika  tidak memiliki minat ataupun kemampuan yang cukup pada jurusan itu. Hal yang terpenting adalah komunikasikan dengan  kedua orang tua  karena biasanya merekamemiliki wawasan dan pertimbangan yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *