Sejarah Fakultas Teknik UI

Fakultas teknik Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan perguruan tinggi yang termasuk ke dalam tiga besar perguruan tinggi terbaik di Idonesia. Universitas yang berkedudukan di daerah jakarta dan sekitarnya ini adalah universitas dengan visi dan misi menjadi Universitas riset terbaik ti tarap dunia. Visi dan misi tersebut menjadi pemicu semangat bagi para praktisi Universitas Indonesia untuk meningkatkan lagi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan riset, baik dari segi sarana prasarana, dan , dan jaringan dengan lembaga pendidikan lain. Dan tantangan ini terjawab dengan terpilihnya Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi yang masuk kedalam 200 besar perguruan tinggi terbaik se Asia yang ditetapkan oleh Times Higher Education. Salah satu fakultas yang ada di Universitas Indonesia adalah fakultas teknik. Fakultas teknik Universitas Indonesia termasuk kedalam rumpun ilmu pengetahuan sains dan teknologi.

Fakultas teknik Universitas Indonesia berdiri pada 17 Juli 1964 berdasarkan surat keputusan nomor 76 tahun1964 yang ditandatangani oleh dr. Syarief Thayeb yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan. Berdirinya fakultas teknik Universitas Indonesia ini dicetuskan karena di jakarta pada saat itu belum ada fakultas teknik, fakultas teknik yang dimiliki oleh Universitas Indonesia saat itu berada di Bandung yang kenudian memisahkan diri dan beridiri sendiri dan berganti nama menjadi Institut teknologi bndung. Pada awal diresmikan fakultas teknik Universitas Indonesia hanya memiliki tiga jurusa yaitu  Jurusan Sipil, Jurusan Mesin dan Jurusan Elektro. Namun seiring dengan berkembangnya waktu saat ini fakultan pendidikan Universitas Indonesia ini memiliki dua belas jurusan yang saat ini lebih dikenal sebagai departemen. Fakultas teknin Universitas Indonesia pada tahun pertamanya menerima sebanyak 199 0rang mahasiswa dengan didukung oleh 30 tenaga dosen serta 11 tenaga nonakademis menyelenggarakan 32 mata ajaran.

Pada tahun 1969 Fakultas teknik Universitas Indonesia menghasilkan lulusan pertamanya yang berumlah 18 orang dan hingga kini telah menghasilkan lulusan yang handal di bidang teknik, dan saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga manca negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *