Trik Memilih Jurusan Di Universitas

Universitas Indonesia jurusan

Memilih jurusan sama pentingnya dengan memilih perguruan tinggi, bahkan terkadang lebih rumit dan memusingkan memilih jurusan dari pada memilih perguruan tingginya. Hal tersebut sangat wajar karena jurusan lebih spesifik dan pilihannya pun beragam. Ketika kita sudah mantap memilih satu rumpun ilmu di perguruan tinggi tertentu adakalanya kita masih ragu untuk memilih jurusannya. Misal kita memilih rumpun ilmu ekonomi di Universitas Indonesia jurusan nya sangat beragam bisa jadi jurusan ekonomi, mamgemen, ataupun akutansi. Yang ketiga – tiga nya memiliki kemiripan. Untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kita ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  1. Bidang yang diminati, ketika akan memilih jurusan yang akan kita tempuh ketika kuliah maka minat adalah hal yang pertama dan utama untuk di pertimbangkan. Kenali terlebih dahulu minat anda jangan sampai anda memilih jurusan yang salah sehingga anda tidak akan optimal menjalani studi anda.
  2. Hobby yang disukai, terkadang kita sangat bingung saat ditanya apa minat anda?, jika hal itu terjadi pada anda maka hobby bisa dijadikan salah satu alternatif lain saat menentukan jurusan perkuliahan anda.
  3. Cita – cita anda, jika minat dan hobby belum dapat membantu secara optimal tentukanlah jurusan sesuai dengan cita – cita yang ingin anda capai. Cita – cita merupakan salah satu hal yang menjadi target prioritas kita, sehingga ketika kita menentukan jurusan sesuai dengan cita – cita maka kita akan fokus menjalaninya.
  4. Kualifikasi yang kita miliki, maksud dari kualifikasi ini adalah modal atau kemampuan apa yang kita miliki untuk menunjang jurusan yang akan kita tempuh. Misalkan kita akan memilih Universitas Indonesia jurusan kedokteran, maka sudah dapat dipastikan kualifikasi yang harus anda miliki adalah anda berada di jurusan IPA ketika SMA.
  5. Kesempatan yang tersedia, ketika kita akan memilih jurusan maka pertimbangkan pula kesempatannya seperti daya tampung, jumlah peminat, ataupun peluang kerja pada jurusan yang akan kita ambil.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas kita kan meminimalisir terjadinya kesalahan saat memilih jurusan, sehingga ketika kita memilih Universitas Indonesia jurusan keodikteran kita akan tahu konsekuensi yang menyertainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *