Universitas Indonesia Depok

Universitas Indonesia Depok

Universitas Indonesia adalah salah satu universitas terbesar dan tertua di Indonesia. Pada awal berdirinya Universitas Indonesia ini didirikan oleh pemerintah Belnda dengan fokus mencetak asisten dokter tambahan yaitu pada tahun 1849. Para siswa yang bersekolah di sekolah ini dilatih selam dua tahun, dan setelah lulus mereka akan mendapatkan sertifikat dan dapat membuka praktek di daerah pemerintah hindia belanda. Para lulusan sekolah ini disebut sebagai Dokter djawa yang dapat memberikan perawatan – perawatan tingkat dasar dalam ilmu kedokteran. Seiring berkembangnya waktu universitas yang saat ini memiliki dua kampus yaitu Universitas Indonesia Depok dan salemba ini berkembang pesat, hingga saat ini memiliki tiga belas fakultas dan 291 program studi yang memiliki rumpun keilmuan beragam.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Universitas Indonesia ini merupakan salah satu universitas tertua di Asia, dan merupakan cikal – bakal dari universitas – universitas besar di Indonesia. Pada awalnya Universitas yang saat ini memiliki dua kampus yaitu Universitas Indonesia Depok dan salemba ini miliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota, yaitu Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Ilmu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat, serta Fakulteit Sastra dan Filsafat di Jakarta; Fakulteit Ilmu Alam dan Ilmu Pasti, Fakulteit Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Lembaga Pendidikan Guru Menggambar di Bandung; Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan di Bogor; Fakulteit Ekonomi di Makassar; Fakulteit Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya. Seiring dengan waktu dan perkembangan jaman berangsur-angsur fakultas-fakultas yang berada di daerah memisahkan diri membentuk lembaga pendidikan yang berdiri sendiri. Pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada 1 September 1963 Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI memisahkan diri pula menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB), fakultas di Surabaya menjadi Universitas Airlangga, dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin. Pada 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan kini berubah kembali menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Icon yang sangat terkenal dari Universitas Indonesia adalah Universitas Indonesia depok dengan ruang terbuka hijaunya yang memiliki danau alami yang representatif untuk belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *