Lebih Mengenal Sejarah Universitas Indonesia Di Jakarta

universitas-indonesia

Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan UI merupakan salah satu universitas di Jakarta. Universitas ini dapat dikatakan sudah berumur. Dibangun ketika masa pemerintahan Hindia Belanda jauh sebelum proklamasi kemerdekaan. Tepatnya pada tahun 1849 yang kala itu masih bernama School of Medicine for Javanese. Tempat di mana akan lahir asisten dokter yang dibutuhkan pada waktu itu. Kemudian berdampingan dengan sekolah stovia. Tahun 1924 pemerintah belanda mendirikan pula RHS (sekolah badan hukum Indonesia), yang merupakan bakal dari Fakultas Hukum UI. Setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, pemerintah mendirikan Badan Pendidikan Tinggi Indonesia di Jakarta.

BPTRI harus dipindah ke luar Jakarta di akhir tahun, dikarenakan pemerintahan kembali berada dalam kekuasaan colonial Belanda. Sebagai penggantinya belanda mendirikan universitas sementara. Pada tahun 1947 akhirnya Indonesia kembali merebut kekuasannya dan BPTRI kembali diamanahkan untuk memegang Stovia, School of Medicine for Javanese, RHS dan sekolah lainnya. Langkah menggabungkan sekolah tersebut dilakukan oleh BPTRI. Akhirnya secara resmi nama gabunganya adalah universitas Indonesia (UI). 2 Februari 1950 menjadi waktu berdirinya UI secara resmi. Krena baru awal, UI ketika iitu mempunyai 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Perkembangan yang semakin maju tiap tahun membuat fakultas tersebut akhirnya memisahkan diri dengan UI pada tanggal 2 Maret 1959. Sdan koni menjadi beberapa kampus terbesar di Indonesia. Fakultas teknik dan fakultas ilmu pengetahuan alam di bandung menjadi Institut teknologi bandung. Fakultas kedokteran hewan dan fakultas pertanian di bogor menjadi fakultas pertanian bogor. Kemudian diikuti dengan fakultas lainnya. Universitas Airlangga, Universitas Hassanuddin dan Universitas Negeri Jakarta, semuanya adalah pecahan dari UI. Tahun 1965, UI terdiri dari 3 kampus, yaitu Salemba, Rawamangun dan Pegangsaan. Sebagian fakultas di salemba dan rawamangun mengembangkan diri dengan mendirikan kampus baru di depok. Kini, hanya UI hanya di salemba (FK dan FKG) dan di Depok (FT, FH, FISIP, FE dan lainnya) yang bertahan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *