Beberapa Rangsangan Fisik Anak Di Masa Pertumbuhan 5 Tahun

Setiap ibu tentunya ingin anaknya menjadi pribadi yang sangat bagus dan matang dari usia dini. Maka dari itu pada saat usia lima tahun pertama bagi seorang anak adalah periode yang sangat menentukan karena di saat usia satu sampai lima tahun ini anak anda akan mulai mangalami pembentukan kepribadian anak tersebut. jika anda bertanya kenapa harus di usia sangat kecil atau balita ? hal tersebut tentunya akan berlangsung secara cepat, maka dari itu hal ini sangat penting sekali selain itu juga anda harus melakukan rangsangan fisik anak di masa perkembangan anak 5 tahun, hal ini tentunya sangat di perlukan untuk seorang anak. Berikut ini saya akan paparkan beberapa hal yang sangat penting untuk merangsang fisik yang di butuhkan oleh seorang anak agar menjadi pribadi yang baik dan matang.

1 . Rangsangan Emosional

Yang pertama adalah rangsangan emosional. Pada biasanya seorang bayi hanya akan menunjukan reaksi emosinya yang terbatas. Contohnya seperti sakit, menangis dan lapar. Selain itu apabila anak tersebut sudah kenyang dia pastinya akan merasa tenang. Apabila bila ada interaksi baik itu dari orang tua maupun kakaknya lambat laun akan terlihat reaksi emosinya yang terus berkembang. Nah biasanya anak akan melihat apa yang di lakukan oleh orang lain di sekitarnya, contohnya apabila anda tertawa dia pun bisa tertawa, selain itu anak anda juga bisa cemburu apabila melihat ibunya menggendong anak orang lain.

2 . Rangsangan Berpikir

Untuk yang selanjutnya adalah rangsangan berpikir untuk anak anda. contohnya dengan anda melakukan suatu hal contohnya seperti mengajarkan anak anda berbicara sedikit demi sedikit, bernyanyi, atau juga bisa mengenalkan berbagai macam benda – benda di sekitar.

3 . Rangsangan Fisik

Dalam perkembangan anak 5 tahun pastikan anda memberikan berbagai macam makanan yang bergizi, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Hal ini tentunya sangat penting apabila tidak pastinya akan membuat perkembangan otak menjadi tidak baik

4 . Rangsangan Motorik

Untuk yang terakhir adalah rangsangan motorik. Anda bisa memberikan rangsangan untuk anak anda dengan melakukan suatu kegiatan yang melibatkan motorik kasar dan halusnya sesuai dengan usianya. Contohnya anda bisa melakukan hal seperti berlari, mewarnai gambar, memanjat, melompat dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *